Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan penerapan model praktikum berorientasi web dapat meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimen Design dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik purpossive sampling yaitu siswa kelas X MIPA 2 di SMA Pasundan 8 Bandung pada semester ganjil tahun ajaran 2018-2019. Hasil penelitian pada aspek kognitif didapatkan skor rata-rata Pretest sebesar 40 dan skor rata-rata Posttest sebesar 95 serta dari hasil uji N-Gain didapatkan skor sebesar 1,00 dengan kategori tinggi. Kemudian, hasil penelitian pada aspek afektif mendapatkan skor rata -rata 93,48 dengan kategori sangat baik dan aspek psikomotor mendapatkan skor rata -rata sebesar 86 dengan kategori sangat baik. Sedangkan, hasil angket dari keselur uhan siswa didapatkan respon positif sebesar 89,04% dengan kriteria baik. Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model praktikum berorientasi web dapat meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar siswa pada konsep keane karagaman hayati. Kata Kunci: Praktikum, Web, Hasil Belajar Siswa, Literasi Informasi, Keanekaragaman Hayati.