PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2013-2017)
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Corporate Social Responsibility (Studi Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batubara yang terdaftar di BEI Tahun 2013-2017). Tekhnik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria: (1) perusahaan pertambangan batubara yang tidak terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari 2013-2017 secara berturut-turut. Data diperoleh dari publikasi Indonesia Stock Exchange (IDX),. Diperoleh jumlah sampel 8 perusahaan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji f, analisis regresi, analisis korelasi dan koefesien determinasi dan pengolahan data dibantu dengan program Software SPSS v.21. Berdasarkan hasil penelitian pada perusahaan pertambangan sub sektor batubara yang terdaftar di BEI periode 2013-2017, secara parsial Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap CSR dengan kontribusi 18,9%. Secara parsial profitabilitas berpengaruh terhadap CSR dengan kontribusi 20,6%. Secara parsial Leverage berpengaruh terhadap CSR dengan kontribusi 24,9%. Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Profitablitas, Leverage dan Corporate Social Responsibility