PERBEDAAN MODEL CONCEPT ATTAINMENT DENGAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB KONSEP DAUR ULANG LIMBAH
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang perbedaan model Concept Attainment dan Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada sub konsep Daur Ulang Limbah.Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest dan posttest Group. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Pasundan 3 Cimahi, yaitu kelas X4 dan X5 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang di kelas X4 dan 32 orang di kelas X5.Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan yang mengukur ranah kognitif berupa 20 soal pilihan ganda. Dari hasil penelitian pada kelas Concept Attainment didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 45,83 dan rata-rata pottest sebesar 75,50. Sedangkan hasil penelitian pada kelas Two Stay Two Stray didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 49,59 dan rata-rata posttest sebesar 79,96. Setelah dilakukan penelitian pretest dan postest peneliti melanjutkan dengan uji t dan diperoleh dengan hasil uji t signifikan karena thitung> t tabel, yakni 2,25 > 2,00. Selain ranah kognitif diukur juga ranah afektif dan psikomotor. Ranah afektif yaitu penilaian minat siswa terhadap mata pelajaran biologi sub konsep Daur Ulang Limbah diperoleh pada kelas Two Stay Two Stray nilai rata-rata 87,12 dengan kriteria baik sekali dan kelas Concept Attainment nilai rata-rata 83,93 dengan kriteria gbaik sekali, begitupun dinilai dari ranah psikomotor pada kelas Two Stay Two Stray diperoleh nilai rata-rata 84,18 dengan kriteria baik dan kelas Concept Attainment diperoleh nilai rata-rata 81,30 dengan kriteria baik.Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Two Stay Two Stray dalam pelajaran sub konsep Daur Ulang Limbah dapat meningkatan kompetensi siswa. Akan tetapi adanya perbedaan yang sangat signifikan penerapan Two Stay Two Stray lebih baik dari pada Concept Attainment. Kata Kunci : Model Two Stay Two Stray, Model Concept Attainment, Hasil Belajar Siswa