PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS, DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP

Main Author: AYU YUHADI, NPM : 168060024
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/40252/1/Artikel%20Ayu.docx
http://repository.unpas.ac.id/40252/
Daftar Isi:
  • Abstrak: Kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis adalah suatu pencapaian kurikulum yang harus dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran matematika serta rendahnya motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu alternatif model yang lain untuk meningkatkan kemampuan tersebutkepada siswa, salah satu model yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut adalah model pembelajaran penemuan terbimbing. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah, kemampuan komunikasi matematis, sertamotivasi belajar siswa yanglebih baik antara memperoleh pembelajaran dengan model penemuan terbimbing dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method) tipe embedeeddesain.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B SMP Indonesia Raya Bandung.Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis, angket motivasi belajar, lembar observasi, serta pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakanpembelajaran model penemuan terbimbing lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran model penemuen terbimbing lebih baik dari pada siswa yang menggunkan pembelajaran konvensional; 3) motivasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model penemuan terbimbing lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 4) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah, komunikasi matematis, serta motivasi belajar siswa Kata Kunci: Model Penemuan Terbimbing, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Komunikasi Matematik, Motivasi Belajar Siswa