PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA KELAS XI PADA MATERI SEL
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan peningkatan hasil belajar siswa dalam menggunakan media pembelajaran media sosial pada konsep sel. Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya hasil belajar dan motivasi siswa XI pada konsep sel, dimana sangat jarang guru tersebut menggunakan media sosial instagram. Akibatnya siswa kurang pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Blender Learning, dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA IT FITHRAH INSANI Bandung. Hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 41,93 dan posttest sebesar 65, 71. setelah dilakukan penelitian prestest dan posttest peneliti melanjutkan dengan uji Z dan diperoleh dengan hasil uji Z signifikan, karena Zhit > Ztab Sebesar 17,51 > 1,65 dengan taraf signifikasi α=0,01. hasil pengolahan data menunjukkan bahwa hipotesis Ho di tolak, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai siswa sebeleum diberi perlakuan dengan sesudah diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran sosial media. Untuk penilaian ranah afektif dan psikomotor diperoleh data rata-rata siswa memenuhi kriteria baik. Sedangkan untuk tanggapan siswa terhadap pembelajaran, mendapatkan tanggapan positif dan memenuhi kriteria baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran sosial media dalam pembelajaran biologi pada konsep sel dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Kata kunci : Hasil Belajar, Motivasi, Media Sosial Instagram, Konsep Sel.