Daftar Isi:
  • Penelitian ini berisi tentang penerapan model inkuiri yang bertujuan untuk meningkatkan keaktivan dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 43 Tanjungpandan dalam pembelajaran IPS pada materi koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah proses pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode ceramah dimana pembelajaran berpusat pada guru tanpa melibatkan siswa langsung sehingga tidak menarik minat siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti kegiatan belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus, dengan ketentuan satu siklus 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang telah dilakukan, secara keseluruhan telah menunjukkan adaanya peningkatan proses pembelajaran. Data yang diperoleh pada pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh presentase 75%, siklus II 80% dan pada siklus III 90%. Adapun nilai aktuvitas siswa memperoleh presentase siklus I 70%, siklus II 75% dan siklus III 89%. Untuk hasil belajar memperoleh presentase siklus I 79% dan siklus II 86% dan siklus III 99%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 43 Tanjungpandan dalam pembelajaran IPS pada materi koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kata Kunci : Model Inkuiri, Aktivitas, Hasil Belajar.