Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learningterhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Berpikir KritisSerta Motivasi Belajar Siswa SMP

Main Author: ARIS FITRIYANTO, NPM : 168060030
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/39811/1/Artikel%20Publikasi%20Aris.docx
http://repository.unpas.ac.id/39811/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Problem Based Learningterhadap kemampuan penalaran matematis dan berpikir kritis serta motivasi belajar siswa SMP.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian campuran (mixed method) dengan tipeembedded desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN Unggulan Sindang kelas VIII tahun pelajaran 2017/2018. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VIII D dan VIII E. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)peningkatan kemampuan penalaran matematis dan kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model problem based learninglebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model problem based learninglebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) terdapat korelasi antara kemampuan penalaran matematis, kemampuan berpikir kritis, dan motivasi belajar siswa; (4) terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap kemampuan penalaran matematis dan kemampuan berpikir kritis. Kata kunci : Problem Based Learning,Penalaran Matematis, Berpikir Kritis, Motivasi