Daftar Isi:
  • Pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar pada umumnya masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang termotivasi dalam pembelajaran, siswa kurang berani bertanya atau mengkomunikasikan permasalahan yang dihadapi dikarenakan guru tidak mengikutsertakan siswa secara aktif dalam pembelajaran, selain itu siswa kurang percaya diri dalam memecahkan masalah, dan siswa kurang bersemangat dalam belajar. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) di SD Negeri 1 Malangbong Garut yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar siswa kelas IV pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku dengan menggunakan media komik, PTK ini dilakukan dalam III siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media komik, dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh persiklusnya : pertama, adanya peningkatan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (Siklus I 3,13%, Siklus II 3,65%, dan Siklus III 3,9 %); kedua, peningkatan pelaksanaan pembelajaran (Siklus I 3,09%, Siklus II 3,8%, dan Siklus III 3,94%); ketiga, peningkatan hasil belajar siswa (Siklus I 43%, Siklus II 76%, dan Siklus III 90%); Keempat, peningkatan keterampilan berkomunikasi siswa (Siklus I 53%, Siklus II 88%, dan Siklus III 98%), berdasarkan hasil penelitian di atas, kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media komik dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar siswa kelas IV pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku. Kata kunci : Media Komik, Keterampilan Berkomunikasi, dan Hasil Belajar