Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh sikap bullying terhadap interaksi sosial antar teman di SMK Pasundan 4 Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi pada gejala sosial yang terjadi dilingkungan sekolah yang dimana tujuan dari UUD NRI tahun 1945 alinea ke empat yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa terhambat oleh gejala sosial yang terjadi disekolah yaitu adanya tindakan bullying antar siswa sehingga siswa menjadi menurun baik tingkat prestasi, konsentrasi, maupun interaksi sosial di lingkungan sekolah. Sehingga rumusan masalah pada penelitian ini adalah : Apa saja bentuk bentuk bullying yang di alami siswa, Bagaimana interaksi yang dialami korban bullying, Bagaimana pengaruh bullying yang dialami siswa, dan bagaimana peran sekolah dalam menangani kasus bullying antar teman di SMK Pasundan 4 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan Pendekatan Kuantitatif, Subjek dan Objek dalam Penelitian ini Pelaku tindakan bullying dan Korban bullying yang menjadi variable terikat interaksi sosial antar teman, Pengumpulan data dan Instrumen penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini dengan melakukan wawancara dengan Guru sebagai pihak sekolah dan perwakilan Peserta didik yang menjadi pelaku dan korban tindakan bullying, serta angket yang dibagikan kepada peserta didik yang dijadikan sebagai data konkret dalam penelitian ini, untuk melengkapi data dalam penelitian dilakukan Observasi pada aktifitas disekolah baik saat belajar maupun di luar jam belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat tindakan bullying antar siswa baik secara fisik maupun non fisik di SMK Pasundan 4 Bandung. (2) Pengaruh dari adanya sikap bullying dari hasil penelitian uji liniearitas tidak memberikan pengaruh terhadap suatu interaksi sosial antar teman, hal tersebut kemungkinan di pengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Pengaruh sikap bullying, Interaksi sosial, di lingkungan sekolah.