Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan Pendidikan karakter dapat didefinisikan sebagai pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa dalam diri peserta didik sehingga mereka bisa bertanggung jawab dalam kehidupan di lingkungan sekolah maupun masyarakat, yang religius, nasionalis, produktif, kreatif dan bertanggung jawab. Dengan peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam menanamkan karakter tanggung jawab pada peserta didik di sekolah. Pendidikan karakter dalam materi pendidikan kewarganegaraan akan mampu mengembangkan potensi yang baik bagi peserta didik. Dimana memiliki nilai -nilai budaya dan karakter bangsa yang universal di Indonesia. Penelitian ini melakukan penelitian di SMA PGII 2 Bandung selama 2 hari (dari Rabu sampai Kamis 2018). Peneliti menggunakan deskriptif kualitatif, pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru pendidikan kewarganegaraan dan peserta didik kelas XI.IPS.1 SMA PGII 2 Bandung. Demikian, hasil penelitian menunjukan peserta didik kelas XI.IPS 1 SMA PGII 2 Bandung, ini terungkap bahwa: 1)Peran guru Pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk karakter tanggung jawab di lingkungan sekolah, terutama pada peserta didik agar menjadi warga Negara yang baik (good citizen) dalam berbagai masalah di lingkungan sekolah maupun masyarakat. 2) Peran guru pendidikan kewarganegaraan meningkatkan kesadaran tanggung jawab peserta didik terhadap peraturan tata tertib adalah memberikan contoh teladan pada peserta didik di lingkungan sekolah dan masyarakat. 3) Apa saja hambatan dari guru pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik terhadap usaha mentaati peraturan tata tertib yaitu pengaruh dari teman dekat atau lingkungan sekitarnya. 4) Bagaimana upaya guru pendidikan kewarganegaraan untuk mengatasi hambatan tersebut dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik terhadap usaha mentaati peraturan tata tertib yaitu menggunakan pendekatan terhadap peserta didik. Kata Kunci : Peran guru pendidikan kewarganegaraan, karakter tanggung jawab, peserta didik