Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran guided inquiry berdasarkan kemampuan berpikir siswa dalam meningkatkan hasil belajar pada mada materi jaringan tumbuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah Pra-eksperimen Designs dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttetst Design. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik simple purposive sampling yang diterapkan kepada siswa kelas XI MIPA 6 yang berjumlah 34 orang. Hasil penelitian pada aspek kognitif didapatkan skor rata-rata pretest sebesar 37,94 dan skor rata-rata posttest sebesar 78,52. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda 20 butir. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji hipotesis dan perhitungan gain dan N-gain. Data hasil uji N-gain mengalami peningkatan yang di dominasi dengan kriteria N-gain sedang yaitu sebanyak 22 orang, sedangkan kriteria N-gain tinggi sebanyak 12 orang dan perhitungan gain memperoleh nilai rata-rata sebesar 41,02, sehingga hipotesis diterima. Kemudian hasil penelitian pada aspek afektif mendapatkan nilai rata-rata sebesar 87 dengan kategori sangat baik dan aspek psikomotor mendapatkan nilai rata-rata sebesar 84 dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran guided inquiry berdasarkan kemampuan berpikir siswa dapat meningkatkan hasil belajar pada materi jaringan tumbuhan. Kata kunci: Hasil Belajar, Guided Inquiry, Jaringan Tumbuhan