PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LINGKUNGAN REAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA SMA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan problem based learning berbasis lingkungan real terhadap kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar ranah kognitif siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik purpossive sampling yaitu siswa kelas X MIPA 3 yang berjumlah 30 orang di SMA Negeri 6 Bandung. Hasil penelitian pada kemampuan memecahkan masalah didapatkan rata-rata persentase 80,6% dengan kategori baik dan pada ranah kognitif didapatkan nilai rata-rata Pretest sebesar 55,5 dan nilai rata-rata Posttest sebesar 77,6 serta dari hasil uji N-Gain didapatkan nilai N-Gain tertinggi sebesar 0,71 dengan kategori tinggi dan nilai terkecil sebesar 0,33 dengan kategori sedang. Sedangkan, hasil keterlaksanaan sintaks problem based learning berbasis lingkungan real mendapatkan persentase 80% dengan kategori baik. Demikian dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui problem based learning berbasis lingkungan real dapat mempengaruhi kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar ranah kognitif siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Kata Kunci: Problem Based Learning Berbasis Lingkungan Real, Kemampuan Memecahkan Masalah, Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa, Konsep Keanekaragaman Hayati