Daftar Isi:
  • Penilaian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Jenis penilitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian bekerjasama dengan guru kelas. Peneliti sebagai guru yang melaksanakan kegiatan pembelajaran sedangkan guru kelas IV sebagai observer. PTK ini ierdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa siswa kelas IV SDN Rancakasumba 5, sebanyak 24 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswi perempuan. Penilaian hasil belajar siswa mulai dari siklus I, siklus II, dan siklus III diperoleh dari sikap peduli, sikap santun, kognitif (posttest), dan psikomotor (keterampilan berkomunikasi). Hasil sikap peduli siswa pada siklus I yaitu 30% menunjukan sedikit peningkatan pada siklus II yaitu 59% kemudian meningkat pada siklus III menjadi 83%. Hasil sikap santun siswa pada siklsu I yaitu 30%, menunjukan sedikit peningkatan pada siklus II yaitu 70% kemudian meningkat pada siklus III menjadi 87%. Hasil psikomotor (keterampilan berkomunikasi) siswa pada siklus I yaitu 30%, menunjukan sedikit peningkatan pada siklus II yaitu 60%, kemudian meningkat pada siklus III yaitu 80%. Hasil kognitif (posttes) siswa pada siklus I yaitu 41%, menunjukan sedikit peningkatan pada siklus II yaitu 70% kemudian meningkat pada siklus III menjadi 90%. Kesimpulan dalam penelitian iniadalah penggunaan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Hasil Belajar.