PENDEKATAN PEMBELAJARAN EMPOWERING 8 BERORIENTASI TEKNOLOGI WEB UNTUK MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMAHAMAN KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang keterampilan abad 21 serta perkembangan teknologi. Namun pendekatan pembelajaran dan pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) sebagai langkah untuk meningkatkan kemampuan literasi informasi siswa yang merupakan salah satu keterampilan abad 21 untuk meningkatkan hasil belajar siswa belum diterapkan sepenuhnya di setiap sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan pembelajaran Empowering 8 berorientasi web pada konsep Keanekaragaman Hayati di SMAN 17 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental. Data hasil penelitian diperoleh dengan pretest dan posttest serta angket. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes objektif pilihan ganda sebanyak 15 soal. Data hasil penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan software IBM SPSS 20.0 for windows melalui uji normalitas dengan uji statistik Shapiro-Wilk selanjutanya dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan one sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data hipotesis dari posttest menggunakan one sample t-test diperoleh nilai 0,000 atau nilai signifikansi <0,05, yang berarti hipotesis (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan pembelajaran Empowering 8 berorientasi web. Kemampuan literasi informasi siswa yang dianalisis dari hasil pretest serta angket juga mengalami peningkatan. Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Empowering 8 berorientasi web pada konsep Keanekaragaman Hayati dapat meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Literasi Informasi, Empowering 8, Hasil Belajar, Keanekaragaman Hayati