Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kualitaskemandirian siswa kelas V, 2) mengetahui rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas V, dan 3) mengetahui pengaruh kemandirian siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD di Kecamatan Cibeunying Kidul 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis survey dan menggunakan pendekatan ex post facto. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD di Kecamatan Cibeunying Kidul.Penelitian ini memiliki populasi berjumlah 210 siswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random samplingdengan berlandaskan pada tabel Isaac dan Michael dengan signifikansi atau taraf kesalahannya 5% yaitu berjumlah 131 siswa.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument angket dan dokumentasi berupa nilai harian siswa semester gasal 2018/2019.Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sehingga diperoleh semua butir item valid dan reliable yaitu berjumlah 28 butir item dengan titik kritis reliable sebesar 0,920.Teknik analisis data yang dilakukan dengan analisis statistik deskriptif, terdiri dari uji normalitas, uji linieritas serta untuk menentukan hubungan dua variabel yaitu kemandirian siswa dengan prestasi belajar siswa melalui perhitungan dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata kemandirian siswa terkategori baik, rata-rata nilai ulangan harian siswa juga terkategori baik yaitu 77,77 , dan adanya hubungan ditunjukkan dengan analisis korelasi sebesar 0,536, angka tersebut termasuk dalam interval 0,600-0,799, artinya korelasi menunjukkan hubungan positif yang kuat antara kemandirian siswa denganprestsi belajar siswa. Kata Kunci : Kemandirian siswa, Prestasi belajar siswa