PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SUB TEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada Peserta Didik Kelas IV SDN 187 Lanuma Husein Kota Bandung Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman)

Main Author: SYIFA FAUZIAH, 145060013
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/38709/7/COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/38709/2/ABSTRAK%20INDO.pdf
http://repository.unpas.ac.id/38709/1/ABSTARK%20ENG.pdf
http://repository.unpas.ac.id/38709/2/ABSTRAK%20SUNDA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/38709/3/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/38709/3/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/38709/4/BAB%20III%20.pdf
http://repository.unpas.ac.id/38709/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.unpas.ac.id/38709/7/BAB%20V.pdf
http://repository.unpas.ac.id/38709/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/38709/
http://fkip.unpas.ac.id/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi yaitu oleh masalah yang terjadi di dalam kelas IV A SDN 187 Lanuma Husein, guru lebih banyak mengajar menggunakan metode ceramah dan pembelajaran lebih berpusat kepada guru sehingga menyebabkan kurangnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan sikap peduli dan santun siswa, serta meningkat hasil belajar siswa baik pada aspek pengetahauan maupun keterampilan pada pembelajaran tematik tema Indahnya Kebersamaan Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan model pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini berlangsung tiga siklus, setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN 187 Lanuma Husein sebanyak 26 orang siswa. Penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri hasil belajar siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya. Data hasil penelitian diolah berdasarkan analisis persentase, pada ranah kognitif siklus I mencapai 42,3%, siklus II mencapai 61%, dan siklus III mencapai 93%. Untuk ranah afektif siklus I mencapai 42,3%, siklus II mencapai 77%, dan siklus III mencapai 96%. Sedangkan untuk ranah psikomotor siklus I mencapai 46%, siklus II mencapai 76%, dan siklus III mencapai 92%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman di kelas IV A SDN 187 Lanuma Husein Kota Bandung. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada model pembelajaran Inkuiri disetiap siklusnya. Dengan demikian penggunaan model pembeljaaran Inkuiri dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan dalam pembelajaran tematik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar.