HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV DI KECAMATAN CIBEUNYING KIDUL (Penelitian Kuantitatif Pada Siswa Kelas IV di Kecamatan Cibeunying Kidul)
Daftar Isi:
- Motivasi belajar merupakan hal yang sangat penting untuk ditumbuhkan dalam diri siswa. Dari ke 4 SD yang terdapat di kecamatan Cibeunying Kidul dalam penelitian rata-rata nilai ulangan harian siswa kurang, disebabkan masih banyak siswa yang tidak fokus dalam belajar, tidak dapat belajar secara mandiri serta tidak teliti dalam mengerjakan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui nilai rata-rata hasil belajar siswa di kelas IV tahun ajaran 2018/2019, 2) mengetahui kualitas motivasi belajar siswa di kelas IV, serta 3) mengetahui apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa di kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif adapun jenis penelitiannya korelasional. Penelitian ini melibatkan 131 siswa, data dikumpulkan dengan instrumen penelitian yaitu kuesioner dan dokumentasi nilai hasil belajar siswa tahun 2018/2019. Terdapat 30 butir penyataan kuesioner yang telah diuji validitas, serta memiliki nilai reliabilitas 0,893. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa 81,66 termasuk dalam kategori baik, kualitas motivasi belajar siswa adalah 79% atau masuk kategori siswa memiliki motivasi belajar yang kuat, dan hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar 0,484 dengan nilai signifikasi 0,000<0,005 maka hubungan antara keduanya adalah signifikan serta berada dalam korelasi sedang Kata kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar