PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN, KOMUNIKASI DAN SELF-REGULATED LEARNING MATEMATIS SISWA PADA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI THE POWER OF TWO DITINJAU DARI KAM

Main Author: Cucu Irawati, NPM : 168060018
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/38700/1/Artikel%20Cucu%20Irawati.docx
http://repository.unpas.ac.id/38700/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan pemahaman, komunikasi dan Self-Regulated Learning siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi The Power Of Two dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan ekspositori baik secara keseluruhan ataupun dilihat dari KAM (tinggi, sedang, rendah). Juga untuk memperoleh gambaran interaksi antara strategi pembelajaran The Power Of Two dengan KAMterhadap peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain faktorial 3x2 yang menggunakan dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al Misbah dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data diperoleh dari tes kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis juga dari tes kemampuan awal matematika. Data dianalisis dengan uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuanpemahamandan komunikasi matematissiswa yang pembelajarannyamenggunakanstrategiThe Power Of Twodengansiswa yang pembelajarannyamenggunakanekspositori baik secara keseluruhan atau ditinjau dari KAM (tinggi, sedang, rendah). Dan tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran (The Power Of Two) dengan KAMterhadap peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa. . Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Matematis, Kemampuan Komunikasi matematis dan The Power Of Two.