PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PROBLEM POSING DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Main Author: Anih Nuraeni, NPM : 168060016
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/38689/1/Jurnal%20Anih%20Nuraeni%20168060016.docx
http://repository.unpas.ac.id/38689/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis nasalah dengan Problem Posing ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM) siswa (unggul dan asor) dan kemandirian belajar siswa serta bagaimana korelasi antara kemampuan berpikir kreatif, pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen di SMP Negeri 1 Plered. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas Vlll, dengan jumlah siswa eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 39 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan peningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dengan Problem Posing dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari keseluruhan siswa dan Kemampuan Awal Matematika (KAM) siswa (unggul dan asor); (2) Terdapat perbedann peningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari keseluruhan siswa dan Kemampuan Awal Matematika (KAM) siswa (unggul dan asor); (3) Tidak terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dengan Problem Posing dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional; (4) Tidak terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kreatif, pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah dengan Problem Posing, Kemampuan berpikir kreatif, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar Siswa