Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil pengamatan yang dilakukan di kelas IVB SDN Leuwinanggung 2 Kota Depok menunjukkan bahwa masih rendahnya kerjasama dan hasil belajar peserta didik yang belum mencapai KKM. Hal ini disebabkan oleh guru yang masih menggunakan metode konvensional atau metode ceramah pada saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kerjasama dan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema kebersamaan dalam keberagaman. Desain penelitian ini menggunakan model PTK yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kerjasama peserta didik siklus I sebesar 42% siklus II sebesar 71% dan siklus III sebesar 83%, serta hasil belajar peserta didik juga meningkat seiring berjalannya pertemuan siklus I sebesar 54% siklus II sebesar 63% dan siklus III sebesar 83%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar peserta didik pada Tema Indahnya Kebersamaan Sub Tema Kebersamaan Dalam Keberagaman di Kelas IVB SDN Leuwinanggung 2 Kota Depok. Peserta didik juga menunjukkan sikap/respon positif terhadap proses pembelajaran dengan menggunakn model Discovery Learning. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat dijadikan alternatif model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran. Kata Kunci: Discovery Learning, Kerjasama, Hasil Belajar.