PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV B SDN Sawah Lega 1 Kec.Cicalengka Kab.Bandung)
Daftar Isi:
- Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman di kelas IV B SD Negeri Sawah Lega 1 Cicalengka Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Kerjasama dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman di kelas IV. Pelaksanaan PTK ini dilakukan sebanyak 3 siklus dan tiap siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan, pada tiap siklus dilakukan observasi untuk mengetahui peningkatan kerjasama dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian dapat dikemukakan pada siklus I jumlah nilai rata-rata hasil belajar sebesar 72,3 yang termasuk ke dalam kategori kurang dengan persentase ketuntasan mencapai 44,44% berjumlah 16 orang dari 36 peserta didik dan nilai presentase kerjasama pada siklus I sebesar 56% yang dikategorikan rendah. Pada siklus II jumlah nilai rata-rata hasil belajar sebesar 74,2 yang termasuk ke dalam kategori cukup dengan persentase 50% atau berjumlah 18 orang dari 36 peserta didik dan nilai presentase penilaian kerjasama sebesar 69% yang dikategorikan sedang. Pada siklus III jumlah nilai rata-rata hasil belajar yang didapat peserta didik sebesar 76,67 yang termasuk ke dalam kategori baik dengan persentase ketuntasan mencapai 83,3% atau berjumlah 30 orang dari 36 peserta didik dan nilai presentase kerjasama sebesar 84% yang dikategorikan tinggi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kerjasama, Hasil Belajar peserta didik.