Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan di kelas V SD Negeri 043 Cimuncang Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model Project Based Learning pada pembelajaran Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan kelas V. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan dengan menggunakan model Project Based Learning. Pelaksanaan PTK ini dilakukan sebanyak 3 siklus dan tiap siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan, pada tiap siklus dilakukan observasi untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa pada siklus I jumlah nilai rata-rata hasil belajar yang didapat siswa sebesar 66,7 yang termasuk ke dalam kategori cukup dengan persentase ketuntasan mencapai 37,9% atau berjumlah 11 orang dari 29 siswa. Pada siklus II jumlah nilai rata -rata hasil belajar yang didapat siswa sebesar 73,1 yang termasuk ke dalam kategori baik dengan persentase ketuntasan mencapai 65,5% atau berjumlah 19 orang dari 29 siswa. Pada siklus III jumlah nilai rata-rata hasil belajar yang didapat siswa sebesar 80,5 yang termasuk ke dalam kategori baik dengan persentase ketuntasan mencapai 87,25% atau berjumlah 24 orang dari 29 siswa. Dengan demikian dapat dikemukakan kesimpulan bahwa penggunaan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan di kelas V SD Negeri 043 Cimuncang Kota Bandung. Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning, Sikap Percaya Diri Siswa, Hasil Belajar Siswa.