Daftar Isi:
  • Pembelajaran bahasa Indonesia digunakan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi dengan bahasa Indomesia dengan baik dan benar, secara lisan maupun tulisan. Tulisan deskripsi bertujuan untuk memberikan perincian obyek yang sedang dibicarakan. Berdasarkan pengamatan di SMP 2 Pasundan Bandung, guru menggunakan metode penugasan dan ceramah sehingga minat siswa dalam menulis deskripsi kurang. Metode Picture and picture merupakan strategi untuk menerangkan dan menanamkan pesan dalam materi dengan bantuan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan kemampuan menulis teks deskripsi berorientasi majas metafora terhadap siswa yang mengalami dan yang tidak mengalami pembelajaran dengan metode picture and picture; 2) mengetahui keefektifan pembelajaran menulis teks deskripsi berorientasi majas metafora dengan dan tanpa metode picture and picture. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental designs (non designs) atau quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan pretest postest control group design. Pretest postest control group design penelitian ini membandingkan nilai pretest dan posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan menulis teks deskripsi impre sionistis berorientasi majas metafora menggunakan metode picture and picture pada siswa Kelas VII SMP 2 Pasundan. Disamping itu, terdapat peningkatan pembelajaran menulis teks deskripsi impresionistis berorientasi majas metafora pada siswa Kelas VII SMP 2 Pasundan setelah menggunakan model picture and picture. Kata Kunci:Teks Deskripsi, Majas Metafora, Model Picture and Picture