PERSEPSI MASYARAKAT KOTA BANDUNG MENGENAI PENIPUAN ONLINE SHOP DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Persepsi Masyarakat Kota Bandung Mengenai Penipuan Online Shop Di Media Sosial Instagram”. Persepsi adalah inti komunikasi, sedangkan penafsiran adalah inti persepsi, yang identik dengan penyandian balik dalam proses komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan teori persepsi, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, observasi, wawancara, penelusuran data online, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, data keseluruhan (observasi dan wawancara) analisis peneliti menunjukan bahwa persepsi masyarakat kota Bandung mengenai penipuan online shop di media sosial instagram mendapatkan persepsi yang kurang baik dari khalayak khususnya masyarakat kota Bandung yang pernah mengalami penipuan, hal ini dapat dilihat dari persepsi atau tanggapan hasil wawancara dengan masyarakat kota Bandung. Saran yang ingin disampaikan peneliti untuk para masyarakat sebagai konsumen khususnya masyarakat kota Bandung yang menggunakan Instagram agar lebih berhatihati untuk berbelanja melalui online shop di instagram dan lebih selektif dan jeli untuk memutuskan memilih barang dan berbelanja melalui online shop. Dan saran untuk para pengguna instagram diharapkan bisa memanfaatkan media sosial dengan sebaik-baiknya tanpa merugikan pihak lain.