PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Melong Mandiri 2 Kota Cimahi)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Discovery Learning pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Melong Mandiri 2 Kota Cimahi dan dilatarbelakangi keadaan siswa yang kurang menunjukan hasil belajar di dalam proses pembelajaran yang masih banyak dibawah KKM, dikarenakan guru dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 2 pembelajaran pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus atau pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan-kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata yaitu 62. Hasil belajar siklus II 70 dan hasil belajar siklus III ratarata nilai mencapai 80. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik pada subtema yang lainnya. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil belajar