Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan strategi pembelajaran Gamification terhadap peningkatan kemampuan pemahaman dan disposisi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian kelompok kontrol pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII salah satu SMP Negeri di Kota Bandung. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII E sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberikan strategi pembelajaran Gamification dan kelas VII A sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP yang memperoleh strategi pembelajaran Gamification lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Disposisi matematis siswa SMP yang memperoleh strategi pembelajaran Gamification lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Gamification, Kemampuan Pemahaman Matematis, Disposisi Matematis dan Pembelajaran Konvensional.