PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING)
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan kemampuan koneksi matematis dan self-concept siswa SMP melalui pembelajaran dengan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring). Penelitian ini dilaksanakan karena masih rendahnya kemampuan koneksi matematis dan self-concept siswa. Sesuai dengan permasalahan yang dirumuskan, tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi REACT lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) Untuk mengetahui Self-concept siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi REACT lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan strategi REACT dalam kemampuan koneksi matematis. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dan desainnya adalah desain kelompok kontrol pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pasirjambu. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII J sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII I sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis kemampuan koneksi matematis dan angket self-concept. Pengolahan dan analisis data menggunakan Uji Mann Withney dan Uji two Independent Sample t-Test dengan bantuan software SPSS 23 for windows dan software Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi REACT lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Self-concept siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi REACT tidak lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Efektivitas pembelajaran dengan strategi REACT untuk kemampuan koneksi matematis berkategori kuat. Dengan demikian pembelajaran dengan strategi REACT dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kata kunci: Strategi REACT, Kemampuan Koneksi Matematis, Self-Concept