Daftar Isi:
  • Drama merupakan seni pertunjukan. Peneliti merumuskan masalah mengenai penelitian yang diajukan, yaitu: 1) Mampukah peneliti merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran drama dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition pada Peserta Didik Kelas XI SMAN 20 Bandung? 2) Mampukah peserta didik kelas XI SMAN 20 Bandung menganalisis isi dan kebahasaan drama yang ditonton? 3) Efektifkah model Cooperative Integrated Reading and Composition dalam pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan drama yang ditonton pada kelas XI SMAN 20 Bandung?. Model penelitian yang digunakan adalah Quasi experiment jenis one group pretest postest design. Adapun hasil penelitian sebagai berikut. 1) Peneliti mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan drama yang ditonton menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition dengan nilai 3,80; 2) Peserta Didik kelas XI SMAN 20 Bandung mampu menganalisis isi dan kebahasaan drama yang ditonton menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition dengan nilai rata-rata pretest 52,93 dan nilai rata-rata posttest 75.46. Dengan peningkatan 22.53; 3) Model Cooperative Integrated Reading and Composition efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan drama yang ditonton. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung >t tabel, yaitu 21.7 > 2.04 dalam tingkat kepecayaan 95% dan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 29. Maka disimpulkan bahwa kegiatan hipoesis yang peneliti ajukan dapat diterima. Kata Kunci : Menganalisis, Isi dan Kebahasaan Drama yang Ditonton, Model Cooperative Integrated Reading and Composition.