Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Partisipasi Pemakai dan Dukungan Manajemen terhadap Kepuasan Pemakai dalam penerapan Sistem Informasi Akuntansi pada PT PLN (Persero) distribusi Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif verifikatif dengan menggunakan data Primer. Teknik sampling yang digunakan adalah Nonprobability sampling. Sempel penelitian ini adalah bagian keuangan dan TI pada PT PLN (Persero) distribusi Jawa Barat. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analasis korelasi berganda dan koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS 25.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Partisipasi Pemakai dan Dukungan Manajemen Puncak berpengaruh terhadap Kepuasan Pemakai dalam penerapan Sistem Informasi Akuntansi. Besarnya pengaruh Partisipasi Pemakai terhadap Kepuasan Pemakai dalam penerapan Sistem Informasi Akuntansi yaitu 35,1% sedangkan pengaruh Dukungan Manajemen Puncak terhadap Kepuasan Pemakai dalam penerapan Sistem Informasi Akuntansi yaitu 28,8%. Secara simultan Partisipasi Pemakai dan Dukungan Manajemen Puncak berpengaruh terhadap Kepuasan Pemakai dalam penerapan Sistem Informasi Akuntansi sebesar 63,9%, sedangkan sisanya sebesar 36,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti pelatihan pemakai sistem informasi oleh Heru Sulistiyo (2016) dan komunikasi pemakai sistem informasi oleh Zara Tania Rahmadi (2017). Kata kunci : Partisipasi Pemakai, Dukungan Manajemen Puncak, Kepuasan Pemakai