PEMBELAJARAN MENGANALISIS MOSI DALAM DEBAT MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG
Daftar Isi:
- Dalam Kurikulum 2013 menganalisis mosi dalam debat merupakan keterampilan menyimak. Berkaitan dengan penjelasan di atas, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran menganalisis mosi dalam debat menggunakan metode Inkuiri pada siswa kelas X SMA Pasundan 8 Bandung. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah: 1) Apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai kegiatan pembelajaran menganalisis mosi dalam debat dengan menggunakan metode Inkuiri pada siswa kelas X SMA Pasundan 8 Bandung?; 2) Apakah siswa kelas X SMA Pasundan 8 Bandung mampu menganalisis mosi dalam debat menggunakan metode Inkuiri?; 3) Efektifkah metode Inkuiri digunakan dalam pembelajaran menganalisis mosi dalam debat pada siswa kelas X SMA Pasundan 8 Bandung? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode quasi eksperiment jenis one group pretest posttest design dengan teknik penelitian observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya adalah: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis mosi dalam debat menggunakan metode Inkuiri di kelas X SMA Pasundan 8 Bandung. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh penulis sebesar 3,98 dan termasuk ke dalam kategori sangat baik (A); 2) Peserta Peserta didik di kelas X SMA Pasundan 8 Bandung mampu mengikuti pembelajaran menganalisis mosi dalam debat dengan tepat. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata pretes sebesar 32,50 dan nilai rata-rata postes 71,68 atau peningkatan sebesar 45%. 3) Metode Inkuiri efektif bagi pembelajaran siswa menganalisis mosi dalam debat di kelas X SMA 8 Pasundan Bandung. Hal ini dibuktikan dengan uji statistik t hitung ≥ t tabel yaitu 11,76 > 2,03 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5 % dan derajat kebebasan 33. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran metode Inkuiri efektif digunakan dalam menganalisis mosi dalam debat pada siswa kelas X SMA Pasundan 8 Bandung. Kata Kunci: Menganalisis, menyimak, mosi dalam debat, metode Inkuiri.