PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS EKSPOSISI BERORIENTAS PADA KALIMAT TESIS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 27 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Daftar Isi:
- Membaca merupakan salah satu keterampilan yang tidak dapat dipisahkan untuk pengembangan siswa dalam berpikir. Model Problem Based Learning merupakan keterampilan pemecah masalah. Sehubungan dengan itu penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran menganalisis teks eksposisi berorientasi pada kalimat tesis menggunakan model Problem Based Learning pada peserta didik kelas X SMA Negeri 27 Bandung tahun pelajaran 2018/2019. Permasalahan yang diajukan adalah: 1) Bagaimanakah penulis melaksanakan kegiatan pembelajaran menganalisis teks eksposisi berorientasi pada kalimat tesis menggunakan model Problem Based Learning pada kelas X SMA Negeri 27 Bandung? 2) Seberapa mampu peserta didik kelas X SMA Negeri 27 Bandung dalam mengikuti pembelajaran mengnalisis teks eksposisi berorientasi pada kalimat tesis menggunakan model Problem Based Learning ? 3) Apakah keefektifan model Problem Based Learning pada peserta didik kelas X SMA Negeri 27 Bandung dapat meningkatkan pembelajaran membaca teks eksposisi? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode quasi eksperimen semu dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, tes, dan analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut: 1) Penulis mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran menganalisis teks eksposisi berorientasi pada kalimat tesis menggunakan model Problem Based Learning pada peserta didik kelas X SMA Negeri 27 Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,95 Kemampuan penulis termasuk ke dalam kategori sangat baik (A). 2) Peserta didik kelas X IPS 5 SMA Negeri 27 Bandung mampu menganalisis teks eksposisi berorientasi pada kalimat tesis menggunakan model Problem Based Learning. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 18,65 dan nilai rata-rata postes 83,66. Terdapat peningkatan sebesar 65,01. 3) Model Problem Based Learning efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis teks eksposisi berorientasi pada kalimat tesis. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dan perhitungan taraf signifikan perbedaan dua mean antara pretes dan nilai postes, diketahui thitung>ttabel, yakni 34,28 > 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (db) sebesar 29. Kata Kunci : Menganalisis, Teks Eksposisi, Model Problem Based Learning