PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA ( Penelitian Tindakan Kelas pada Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber daya Alam di Indonesia di Kelas IV SD Negeri 234 Saluyu Kota Bandung Tahun Ajaran 2017-2018 )
ctrlnum |
37304 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/37304/</relation><title>PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK 
MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR 
PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN 
SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA
( Penelitian Tindakan Kelas pada Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 3 Pelestarian 
Kekayaan Sumber daya Alam di Indonesia di Kelas IV SD Negeri 234 Saluyu Kota 
Bandung Tahun Ajaran 2017-2018 )</title><creator>DIAN ROSDIANTI, 145060244</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SD Negeri 234 Saluyu
dengan subjek penelitian adalah kelas IV. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas 
ini adalah untuk meningkatkan Sikap Percaya Diri dan hasil belajar peserta didik.
Pada penelitian ini peneliti melakukan penelitian pada sub tema Pelestarian 
Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia dengan model Discovery Learning
dalam pembelajarannya. Objek penelitian adalah peserta didik kelas IVA dengan 
jumlah peserta didik 33 orang yang terdiri atas 13 laki-laki dan 20 orang 
perempuan, adapun instrumen yang dipakai dalam penelitian kali ini adalah 
observasi, evaluasi hasil belajar peserta didik berupa pretest dan posttes. 
Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes, lembar observasi, 
dan studi dokumenter. Dari hasil belajar, Rata- rata hasil belajar peserta didik
pada data tindakan di siklus I mendapatkan hasil rata-rata hasil belajar 68,4 pada
siklus II mendapatkan hasil 73,6 selanjutnya dilakukan kembali pada siklus III 
mendapatkan hasil 74,4. Peningkatan hasil belajar dalam bentuk persentase Siklus 
I menjadi 60,6% pada siklus II menjadi 75,8% selanjutnya dilakukan kembali
pada siklus III menjadi 84,8% dari jumlah 33 tuntas dalam hasil belajar. Dapat di 
simpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Discovery Learning pada 
subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia dapat meningkatkan 
sikap percaya diri dan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci : Discovery Learning, Sikap percaya diri dan Hasil belajar</description><date>2018-10-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37304/9/cover%20skripsi%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37304/1/Abstrak%20Dian.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37304/2/Abstrak%20inggris%20dian%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37304/3/Abstrak%20Sunda.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37304/4/BAB%20I%20ACC%20pak%20Azis.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37304/5/BAB%20II%20ACC%20pak%20Azis.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37304/6/BAB%20III%20ACC%20pak%20Azis.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37304/7/BAB%20IV%20ACC%20pak%20Azis.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37304/8/BAB%20V%20ACC%20pak%20Azis.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37304/10/DAFTAR%20PUSTAKA%20ok.pdf</identifier><identifier> DIAN ROSDIANTI, 145060244 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA ( Penelitian Tindakan Kelas pada Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber daya Alam di Indonesia di Kelas IV SD Negeri 234 Saluyu Kota Bandung Tahun Ajaran 2017-2018 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><relation>http://fkip.unpas.ac.id/</relation><recordID>37304</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
DIAN ROSDIANTI, 145060244 |
title |
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK
MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR
PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN
SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA
( Penelitian Tindakan Kelas pada Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 3 Pelestarian
Kekayaan Sumber daya Alam di Indonesia di Kelas IV SD Negeri 234 Saluyu Kota
Bandung Tahun Ajaran 2017-2018 ) |
publishDate |
2018 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/37304/9/cover%20skripsi%20.pdf http://repository.unpas.ac.id/37304/1/Abstrak%20Dian.pdf http://repository.unpas.ac.id/37304/2/Abstrak%20inggris%20dian%20.pdf http://repository.unpas.ac.id/37304/3/Abstrak%20Sunda.pdf http://repository.unpas.ac.id/37304/4/BAB%20I%20ACC%20pak%20Azis.pdf http://repository.unpas.ac.id/37304/5/BAB%20II%20ACC%20pak%20Azis.pdf http://repository.unpas.ac.id/37304/6/BAB%20III%20ACC%20pak%20Azis.pdf http://repository.unpas.ac.id/37304/7/BAB%20IV%20ACC%20pak%20Azis.pdf http://repository.unpas.ac.id/37304/8/BAB%20V%20ACC%20pak%20Azis.pdf http://repository.unpas.ac.id/37304/10/DAFTAR%20PUSTAKA%20ok.pdf http://repository.unpas.ac.id/37304/ http://fkip.unpas.ac.id/ |
contents |
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SD Negeri 234 Saluyu
dengan subjek penelitian adalah kelas IV. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas
ini adalah untuk meningkatkan Sikap Percaya Diri dan hasil belajar peserta didik.
Pada penelitian ini peneliti melakukan penelitian pada sub tema Pelestarian
Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia dengan model Discovery Learning
dalam pembelajarannya. Objek penelitian adalah peserta didik kelas IVA dengan
jumlah peserta didik 33 orang yang terdiri atas 13 laki-laki dan 20 orang
perempuan, adapun instrumen yang dipakai dalam penelitian kali ini adalah
observasi, evaluasi hasil belajar peserta didik berupa pretest dan posttes.
Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes, lembar observasi,
dan studi dokumenter. Dari hasil belajar, Rata- rata hasil belajar peserta didik
pada data tindakan di siklus I mendapatkan hasil rata-rata hasil belajar 68,4 pada
siklus II mendapatkan hasil 73,6 selanjutnya dilakukan kembali pada siklus III
mendapatkan hasil 74,4. Peningkatan hasil belajar dalam bentuk persentase Siklus
I menjadi 60,6% pada siklus II menjadi 75,8% selanjutnya dilakukan kembali
pada siklus III menjadi 84,8% dari jumlah 33 tuntas dalam hasil belajar. Dapat di
simpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Discovery Learning pada
subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia dapat meningkatkan
sikap percaya diri dan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci : Discovery Learning, Sikap percaya diri dan Hasil belajar |
id |
IOS3183.37304 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2019-05-05T17:21:34Z |
last_indexed |
2019-05-05T17:21:34Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766045065840427008 |
score |
17.538404 |