ctrlnum 37304
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/37304/</relation><title>PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK &#xD; MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR &#xD; PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN &#xD; SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA&#xD; ( Penelitian Tindakan Kelas pada Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 3 Pelestarian &#xD; Kekayaan Sumber daya Alam di Indonesia di Kelas IV SD Negeri 234 Saluyu Kota &#xD; Bandung Tahun Ajaran 2017-2018 )</title><creator>DIAN ROSDIANTI, 145060244</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SD Negeri 234 Saluyu&#xD; dengan subjek penelitian adalah kelas IV. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas &#xD; ini adalah untuk meningkatkan Sikap Percaya Diri dan hasil belajar peserta didik.&#xD; Pada penelitian ini peneliti melakukan penelitian pada sub tema Pelestarian &#xD; Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia dengan model Discovery Learning&#xD; dalam pembelajarannya. Objek penelitian adalah peserta didik kelas IVA dengan &#xD; jumlah peserta didik 33 orang yang terdiri atas 13 laki-laki dan 20 orang &#xD; perempuan, adapun instrumen yang dipakai dalam penelitian kali ini adalah &#xD; observasi, evaluasi hasil belajar peserta didik berupa pretest dan posttes. &#xD; Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes, lembar observasi, &#xD; dan studi dokumenter. Dari hasil belajar, Rata- rata hasil belajar peserta didik&#xD; pada data tindakan di siklus I mendapatkan hasil rata-rata hasil belajar 68,4 pada&#xD; siklus II mendapatkan hasil 73,6 selanjutnya dilakukan kembali pada siklus III &#xD; mendapatkan hasil 74,4. Peningkatan hasil belajar dalam bentuk persentase Siklus &#xD; I menjadi 60,6% pada siklus II menjadi 75,8% selanjutnya dilakukan kembali&#xD; pada siklus III menjadi 84,8% dari jumlah 33 tuntas dalam hasil belajar. Dapat di &#xD; simpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Discovery Learning pada &#xD; subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia dapat meningkatkan &#xD; sikap percaya diri dan hasil belajar peserta didik.&#xD; Kata kunci : Discovery Learning, Sikap percaya diri dan Hasil belajar</description><date>2018-10-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37304/9/cover%20skripsi%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37304/1/Abstrak%20Dian.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37304/2/Abstrak%20inggris%20dian%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37304/3/Abstrak%20Sunda.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37304/4/BAB%20I%20ACC%20pak%20Azis.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37304/5/BAB%20II%20ACC%20pak%20Azis.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37304/6/BAB%20III%20ACC%20pak%20Azis.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37304/7/BAB%20IV%20ACC%20pak%20Azis.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37304/8/BAB%20V%20ACC%20pak%20Azis.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37304/10/DAFTAR%20PUSTAKA%20ok.pdf</identifier><identifier> DIAN ROSDIANTI, 145060244 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA ( Penelitian Tindakan Kelas pada Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber daya Alam di Indonesia di Kelas IV SD Negeri 234 Saluyu Kota Bandung Tahun Ajaran 2017-2018 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><relation>http://fkip.unpas.ac.id/</relation><recordID>37304</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author DIAN ROSDIANTI, 145060244
title PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA ( Penelitian Tindakan Kelas pada Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber daya Alam di Indonesia di Kelas IV SD Negeri 234 Saluyu Kota Bandung Tahun Ajaran 2017-2018 )
publishDate 2018
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/37304/9/cover%20skripsi%20.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37304/1/Abstrak%20Dian.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37304/2/Abstrak%20inggris%20dian%20.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37304/3/Abstrak%20Sunda.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37304/4/BAB%20I%20ACC%20pak%20Azis.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37304/5/BAB%20II%20ACC%20pak%20Azis.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37304/6/BAB%20III%20ACC%20pak%20Azis.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37304/7/BAB%20IV%20ACC%20pak%20Azis.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37304/8/BAB%20V%20ACC%20pak%20Azis.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37304/10/DAFTAR%20PUSTAKA%20ok.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37304/
http://fkip.unpas.ac.id/
contents Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SD Negeri 234 Saluyu dengan subjek penelitian adalah kelas IV. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan Sikap Percaya Diri dan hasil belajar peserta didik. Pada penelitian ini peneliti melakukan penelitian pada sub tema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia dengan model Discovery Learning dalam pembelajarannya. Objek penelitian adalah peserta didik kelas IVA dengan jumlah peserta didik 33 orang yang terdiri atas 13 laki-laki dan 20 orang perempuan, adapun instrumen yang dipakai dalam penelitian kali ini adalah observasi, evaluasi hasil belajar peserta didik berupa pretest dan posttes. Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes, lembar observasi, dan studi dokumenter. Dari hasil belajar, Rata- rata hasil belajar peserta didik pada data tindakan di siklus I mendapatkan hasil rata-rata hasil belajar 68,4 pada siklus II mendapatkan hasil 73,6 selanjutnya dilakukan kembali pada siklus III mendapatkan hasil 74,4. Peningkatan hasil belajar dalam bentuk persentase Siklus I menjadi 60,6% pada siklus II menjadi 75,8% selanjutnya dilakukan kembali pada siklus III menjadi 84,8% dari jumlah 33 tuntas dalam hasil belajar. Dapat di simpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Discovery Learning pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar peserta didik. Kata kunci : Discovery Learning, Sikap percaya diri dan Hasil belajar
id IOS3183.37304
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2019-05-05T17:21:34Z
last_indexed 2019-05-05T17:21:34Z
recordtype dc
_version_ 1766045065840427008
score 17.538404