Daftar Isi:
  • Penelitian ini berisi tentang penerapan model discovery learning yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap percaya diri serta meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV A SD Negeri Sindangpanon Banjaran Kabupaten Bandung pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia dengan tema kayanya negeriku. Yang dihadapi pada subtema ini adalah pembelajaran yang disajikan oleh pendidik masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu metode ceramah, proses pembelajaran ini hanya berpusat pada pendidiktanpa melibatkan peserta didik sehingga peserta didik menjadi kurang aktif dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Model discovery learning berguna untuk menumbuhkan sikap percaya diri serta meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas yang rancangan metode penelitiannya mengacu pada model yang dikembangkan oleh Hopkins dalam Masnur Muslich (2012, hlm. 43). Ini terbukti dari hasil belajar yang diperoleh persiklusnya yaitu : siklus I peserta didik yang mendapat nilai sesuai dengan KKM mendapat 56% dan mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 44% dan siklus II peserta didik yang mendapat nilai sesuai dengan KKM mendapat 79% dan mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 21% dan siklus III peserta didik yang mendapat nilai sesuai dengan KKM mendapat 88% dan mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 12% Kata kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning, Percaya Diri, dan Hasil Belajar Peserta didik