PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA PENDAPATAN NASIONAL KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 22 BANDUNG
Daftar Isi:
- Judul penelitian ini “Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema Pendapatan Nasional Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 22 Bandung “. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran powerpoint pada pembelajaran subtema pendapatan nasional kelas xi ips 1 SMA Negeri 22 Bandung, serta mengetahui hasil belajar siswa bagaimana penerapan media power point dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 22 Bandung dengan jumlah siswa 36 siswa. Berdasarkan hasil uji normalitas diketahui bahwa uji normalitas normal X2 hitung(7,54) <X2 tabel (7,80). Berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa uji hipotesis data signifikan karena Thitung (17,08) > Ttabel (2,98). Hal ini berati Ho ditolak, dan Ha diterima. Nilai koefisien deteminasi (KD) adalah 65,61 %. Angka ini menunjukkan bahwa 65,64% hasil belajar siswa dipengaruhi media pembelajaran powerpoint, seangkan sisanya 34,36% dipengaruh oleh faktor lain. Berdasarkan angka diatas, diketahui bahwa penerapan media pembelajaran powerpoint mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 22 Bandung. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar. Adapun saran adalah hendaknya guru dapat bekerja sama dengan siswa untuk menciptakan kondisi belajar yang lebih baik serta dapa menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu pembelajaran agar dapat meningkatkan motivasi belajar. Kata Kunci: Media Pembelajaran PowerPoint, Hasil Belajar Siswa