PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING)
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran REACT dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) Unt uk mengetahui kemampuan self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran REACT dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) untuk mengetahui efektivitas pembelajaran REACT dalam kemampuan koneksi matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu pretest-posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Kartika XIX -1 Bandung dan sampelnya adalah dua kelas XI di SMA Kartika XIX -1 Bandung yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematis dan angket self-efficacy. Analisis data menggunakan uji parametric pada data pretest-postest melalui software SPSS Statistics 20.0 for Windows dan rumus Cohend’s untuk melihat efektivitas. Berdasarkan analisis data dan temuan penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran REACT lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran REACT lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Efektivitas pembelajaran REACT untuk kemampuan koneksi matematis siswa setelah dilakukan perthitungan effect size memperoleh hasil 1,76 yang termasuk kedalam kategori besar. Kata Kunci: Pembelajaran REACT, Kemampuan Koneksi Matematis, Self-efficacy, Pembelajaran Konvensional.