Daftar Isi:
  • Judul penelitian ini Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Al Falah Bandung Tahun Ajaran 2017/2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola asuh orang tua yang diterapkan orang tua siswa kelas X IPS di SMA Al Falah Bandung, serta untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X IPS di SMA Al Falah Bandung, dan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X IPS di SMA Al Falah Bandung. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS di SMA Al Falah Bandung yang berjumlah 33 peserta didik. Penulis membahas perumusan tersebut diatas dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei, dengan teknik pengumpulan data: kuisioner. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas, dengan teknik pengolahan data analisis korelasi product moment, dan uji Wilcoxon Matched Pairs. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa dengan pola asuh demokratis paling dominan dibandingkan dengan pola asuh yang lainnya. Berdasarkan pengujian hasil hipotesis yang diperoleh melalui uji Wilcoxon menunjukkan Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,000 yang artinya hipotesis diterima dan menunjukan tidak adanya pengaruh pola asuh orang tua (�) terhadap prestasi belajar (�) pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Al Falah Bandung. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Prestasi Belajar Siswa