Daftar Isi:
  • Kemampuan repesentasi matematis dan self-confidence siswa SMP rmasih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan self-confidence siswa SMP adalah Model-eliciting Activities (MEAs). Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mengetahui pencapaian kemampuan representasi matematik siswa yang memperoleh Model-eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) Mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematik siswa yang memperoleh Model-eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) Mengetahui pencapaian self-confidence siswa yang memperoleh model Modeleliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 4) Mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan representasi matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh pembelajaran Model-eliciting Activities (MEAs). Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok kontrol non-ekivalen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-C dan kelas VII-E SMPN 3 Parongpong. Siswa kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-E sebagai kelas kontrol. Intrumen yang digunakan adalah tes kemampuan representasi matematis siswa dan angket self-confidence siswa. Pengolahan dan analisis data menggunakan Independent Sample t-Test dan uji Scheffe dengan bantuan software Microsoft Excel dan software SPSS Statistic 17.0 for Window. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pencapaian kemampuan representasi matematik siswa yang menggunakan model Model-eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran biasa, 2) Peningkatan kemampuan representasi matematik siswa yang menggunakan model Model-eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran biasa, 3) Pencapaian self-confidence siswa yang menggunakan model Model-eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model biasa, 4) Terdapat korelasi antara kemampuan representasi matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh pembelajaran Model-eliciting Activities (MEAs). Dengan demikian pembelajaran dengan Model-eliciting Activities (MEAs) dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas untuk meningkatkan kemampuan representasi dan self-confidence siswa. Kata Kunci: Model-eliciting Activities (MEAs), Kemampuan Representasi Matematis, Self-confidence.