Daftar Isi:
  • Menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi. Dalam penelitian ini masalah rendahnya keterampilan menulis cerpen peserta didik. Upaya meningkatkan keterampilan menulis cerpen ini menggunakan media audiovisual. Media audiovisual adalah salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran menyimak. Media ini dapat menambah minat siswa dalam belajar karena siswa dapat menyimak gambar. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik mengangkat judul skripsi “Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019”. Subjek penelitian ini adalah kelas ekperimen dan kelas kontrol yang masing-masing kelasnya terdiri dari 30 orang peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian True Eksperimental desain bentuk pretes postes control group design, yaitu dengan menggunakan prates dan pascates dengan penugasan yang sama. Adapun hasil penelitian, yaitu : 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media audiovisual. Dibuktikan dengan perolehan nilai RPP 3,8 dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,67. 2) peserta didik mampu menulis cerpen. Dibuktikan dari nilai prates sebesar 56,7 dan pascates sebesar 82,3. 3) Media audiovisual lebih efektif digunakan dibandingkan media gambar. Dibuktikan dengan hasil thitung pada kelas eksperimen adalah 19,20 dan thitung kelas kontrol sebesar 13,24. 4) hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen lebih besar dibandingkan di kelas kontrol. Dibuktikan dari perolehan prates peserta didik di kelas eksperimen sebesar 56,7 dan pascates sebesar 82,3, dengan selisih sebesar 25,6. Hasil tersebut lebih besar dibandingkan perolehan hasil belajar di kelas kontrol, yaitu prates sebesar 42,5 dan pascates sebesar 48,6, dengan selisih sebesar 6,1. Berdasarkan bukti data penelitian, maka penelitian ini dinyatakan berhasil. Kata kunci : Pembelajaran, menulis, cerpen, media audiovisual.