PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD (STUDENT TEAMS-ACHIVEMENT DIVISIONS) DAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TIPE STAD (Student Teams-Achivement Divisions) dan JIGSAW Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan.” Bertujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas X pada materi pencemaran lingkungan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achiviment Divisions) dan Jigsaw. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-Experimental , yang menggunakan desain one group pretestposttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X MIA 1 dan siswa Kelas X MIA 2. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proposive Sampling, Kelas eksperimen I adalah kelas X MIA I sebanyak 24 siswa dan kelas eksperimen II adalah kelas X MIA II sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen Pilihan Ganda (PG). Hasil penelitian yang diperoleh pada kedua kelompok tersebut melalui nilai signifikansi atau sig. Levene’s Test for Equality of Variances yaitu rata-rata hasil belajar pencemaran lingkungan menggunakan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe STAD = 0,119 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar pencemaran lingkungan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikansi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi Pencemaran Lingkungan. Kata Kunci: Hasil Belajar siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.