MODEL PEMBELAJARAN BEBASIS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR ( Studi Kasus di SMK Pasundan 2 Bandung kelas XI TKJ dalam Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan )
ctrlnum |
37209 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/37209/</relation><title>MODEL PEMBELAJARAN BEBASIS INQUIRY UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR 
( Studi Kasus di SMK Pasundan 2 Bandung kelas XI TKJ dalam Mata
Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan )</title><creator>Wahyu saepudin, 145020125</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Pendidikan proses pembelajaran dimana siswa dapat menerima dan memahami
pengetahuan sebagai bagian dari dirinya, metode pembelajaran inquiry dinilai
mempunyai benyak kelebihan dengan metode pembelajaaran konvensional karena
metode pembelajaran berbasis inquiri menitik pada proses metode pemecahan
masalah ( problem solving ) dari permasalahan tersebut peneliti menyimpulkan
rumusan masalah yaitu seberapa besar pengaruh pembelajaran berbasis inquiri
terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan : mengetahui hasil belajar siswa XI
TJK sebelum dilakukan penerapan model pembelajaran berbasis inquiry pada mata
pelajaran prakarya dan kewirausahaan, mengetahui hasil belajar siswa kelas XI TJK
sesudah dilakukan penerapan model pembelajaran berbasis inquiry pada mata
pelajaran prakarya dan kewirausahaan, untuk mengetahui seberapa besar
peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan metode pembelajaran berbasis
inruiry pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Model penelitian ini
menggunakan quasi eksperimen dengan one group pretest posttest design. Subjek
penelitian yang dugunakan yaitu siswa kelas XI TKJ E dan XI TKJ B di SMK
Pasundan 2 Bandung. Data ynag diperoleh antara lain hasil pretest, posttest dalam
peningkatan hasil belajar siswa. Selajutnya data tersebut dianalisis dengan statistik
yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari hasil analisis
uji-t diperoleh hasil perhitungan uji-t menujukan bahwa nilai T hitung yang diperoleh
adalah 1.5, sedangkan nilai T table 3.47, sedangkan nilai T table taraf signifikan 0.05
dengan derajat bebas 37 yaitu T hitung ≤ T table Sehingga Ha di terima dan Ho ditolak.
Dengan demikian dapat disimpukan bahwa pada taraf siginifakn 5% hasil belajar
siswa yang yang mendapat perlakuan (eksperimen) dengan model pembelajaran
berbasis inquiry pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMK
Pasundan 2 Bandung lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan
dengan pembelajaran konvensional. 





Kata Kunci: Model pembelajaran berbasis inquiri, hasil belajar</description><date>2018-10-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37209/6/cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37209/9/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37209/8/ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37209/7/RINGKASAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37209/7/lembar%20pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37209/1/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37209/2/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37209/1/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37209/3/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37209/4/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37209/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Wahyu saepudin, 145020125 (2018) MODEL PEMBELAJARAN BEBASIS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR ( Studi Kasus di SMK Pasundan 2 Bandung kelas XI TKJ dalam Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><relation>http://fkip.unpas.ac.id/</relation><recordID>37209</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Wahyu saepudin, 145020125 |
title |
MODEL PEMBELAJARAN BEBASIS INQUIRY UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR
( Studi Kasus di SMK Pasundan 2 Bandung kelas XI TKJ dalam Mata
Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan ) |
publishDate |
2018 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/37209/6/cover.pdf http://repository.unpas.ac.id/37209/9/ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/37209/8/ABSTRACT.pdf http://repository.unpas.ac.id/37209/7/RINGKASAN.pdf http://repository.unpas.ac.id/37209/7/lembar%20pengesahan.pdf http://repository.unpas.ac.id/37209/1/BAB%201.pdf http://repository.unpas.ac.id/37209/2/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/37209/1/BAB%20III.pdf http://repository.unpas.ac.id/37209/3/BAB%20IV.pdf http://repository.unpas.ac.id/37209/4/BAB%20V.pdf http://repository.unpas.ac.id/37209/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/37209/ http://fkip.unpas.ac.id/ |
contents |
Pendidikan proses pembelajaran dimana siswa dapat menerima dan memahami
pengetahuan sebagai bagian dari dirinya, metode pembelajaran inquiry dinilai
mempunyai benyak kelebihan dengan metode pembelajaaran konvensional karena
metode pembelajaran berbasis inquiri menitik pada proses metode pemecahan
masalah ( problem solving ) dari permasalahan tersebut peneliti menyimpulkan
rumusan masalah yaitu seberapa besar pengaruh pembelajaran berbasis inquiri
terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan : mengetahui hasil belajar siswa XI
TJK sebelum dilakukan penerapan model pembelajaran berbasis inquiry pada mata
pelajaran prakarya dan kewirausahaan, mengetahui hasil belajar siswa kelas XI TJK
sesudah dilakukan penerapan model pembelajaran berbasis inquiry pada mata
pelajaran prakarya dan kewirausahaan, untuk mengetahui seberapa besar
peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan metode pembelajaran berbasis
inruiry pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Model penelitian ini
menggunakan quasi eksperimen dengan one group pretest posttest design. Subjek
penelitian yang dugunakan yaitu siswa kelas XI TKJ E dan XI TKJ B di SMK
Pasundan 2 Bandung. Data ynag diperoleh antara lain hasil pretest, posttest dalam
peningkatan hasil belajar siswa. Selajutnya data tersebut dianalisis dengan statistik
yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari hasil analisis
uji-t diperoleh hasil perhitungan uji-t menujukan bahwa nilai T hitung yang diperoleh
adalah 1.5, sedangkan nilai T table 3.47, sedangkan nilai T table taraf signifikan 0.05
dengan derajat bebas 37 yaitu T hitung ≤ T table Sehingga Ha di terima dan Ho ditolak.
Dengan demikian dapat disimpukan bahwa pada taraf siginifakn 5% hasil belajar
siswa yang yang mendapat perlakuan (eksperimen) dengan model pembelajaran
berbasis inquiry pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMK
Pasundan 2 Bandung lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan
dengan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Model pembelajaran berbasis inquiri, hasil belajar |
id |
IOS3183.37209 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2019-05-05T17:21:31Z |
last_indexed |
2019-05-05T17:21:31Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766045065233301504 |
score |
17.538404 |