Daftar Isi:
  • Treffinger merupakan merupakan salah satu dari sedikit model yang menangani masalah kreativitas secara langsung dan memberikan saran-saran praktis bagaimana mencapai keterpaduan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan kreatif matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Treffinger dengan siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. (2) Mengetahui peningkatan Self-confidence antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Treffinger dengan siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. (3) Mengetahui terdapat korelasi positif antara kemampuan kreatif matematis dan Self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Treffinger. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “Pretest-Posttest Control Group”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Katapang. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu terdiri dari dua kelas yang dipilih secara random. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapat pembelajaran Treffinger lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran ekspositori. (2) Peningkatan Self-confidence siswa yang mendapat pembelajaran Treffinger lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran eskpositori. (3) Terdapat korelasi antara kemampuan kreatif matematis dan Self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Treffinger. Dari kesimpulan tersebut, penulis menyarankan kepada guru untuk mencoba menerapkan model pembelajaran Treffinger sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan Self-confidence dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci: Model Pembelajaran Treffinger, Berpikir Kreatif Matematis, Self-confidence.