Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa peduli, santun, keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model discovery learning pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku. penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sirnabaya 1 dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan rasa peduli, santun, keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru masih menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian yang digunakan pada panelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian sikap peduli, santun, keterampilan berkomunikasi dan angket respon siswa terhadap menggunakan model discovery learning. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rat-rata dari penilaian sikap peduli, santun keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar. Pada penilaian sikap peduli siklus I 57,6% dan siklus II 73,% sedangkan siklus III 92,3%, penilaian sikap santun siklus I 50% dan siklus II 65,3% sedangkan siklus III 88,4%, penilaian hasil belajar pada siklus I 61,5% dan siklus II 73% sedangkan siklus III 88,4% dan penilaian keterampilan berkomunikasi siklus I 42,3% dan siklus II 69,2% sedangkan siklus III 88,4%. Hal ini menunjukkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan rasa peduli, santun, keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SDN Sirnabaya 1 Kabupaten Karawang. Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar