PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMA
Daftar Isi:
- Kemampuan berpikir kritis matematis siswa saat ini tergolong rendah, Salah satu penyebabnya adalah kurangnya tingkat self confidence siswa dalam pembelajaran matematika. Alternatif pembelajaran yang dipandang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan self confidence siswa adalah model Learning Cycle 7E. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa ya ng memperoleh model Learning Cycle 7E dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, (2) Mengetahui apakah kemampuan Self-Confidence matematis siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, (3) Mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis matematis dan Self-Confidence siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E, Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group . Subjek penelitian ini adalah siswa kela s X SMA di Kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis dan instrumen nontes angket self confidence. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis mengenai kemampuan berpikir kritis matematis dan Self Confidence siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E dan model pembelajaran konvensional diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, (2) Self Confidence siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis matematis dan Self Confidence siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E. Kata Kunci : Model Learning Cycle 7E, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self Confidence, Pembelajaran Konvensional