Daftar Isi:
  • Pada keseluruhan proses pendidikan belajar dan mengajar disekolah, kegiatan belajar adalah merupakan kegiatan yang paling utama. Hal ini berarti tercapainya tujuan hasil belajar siswa banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami dan diberikan oleh para siswa sebagai peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa SMA Angkasa Bandung pada mata pelajaran ekonomi dengan tema koperasi. Pada penelitiani ini, penelitigmenggunakanumetodeleksperimenesemu (quasi eksperimen). Sedangkan Populasi penelitianeini adalahiseluruhisiswakkelas X MIPA SMAiAngkasa Bandung berjumlaho104 siswa. Data sampeloyang diambileadalah sebanyako72 siswa dengan menggunakan sampel nonprobabilitas dan teknik samplingnya adalah sampel sengaja (purposive sampling). Dataghasil belajarediperolehodari tes awale(pretest) dan tes akhir (posstest) dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS statistic 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa yangimenggunakanimodel pembelajaranekooperatifotipexjigsaw dan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data hipotesis maka diperoleh nilainsig. (2-tailed) sebesare0.002, nilaimsig. (2-tailed) < 0.05, diperoleh nilai sig. (2-tailed) kurang dari taraf signifikan sehingga H0 tolak dan H1 diterima, atau terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang memberikan peningkatan terhadap hasil belajar siswa SMA Angkasa Bandung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Maria Ifa dalam Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (2013, hlm. 2) juga telah melakukan penelitian bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan hasil belajar