ctrlnum 37165
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/37165/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS&#xD; MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI &#xD; MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING</title><creator>NURSILVIANI ULFATUSHIYAM, 145050040</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Pembelajaran matematika menuntut siswa memiliki berbagai macam kemampuan &#xD; matematis diantaranya adalah kemampuan berpikir kritis matematis. Kemampuan &#xD; berpikir kritis matematis dan self-efficacy sangat diperlukan dalam pembelajaran &#xD; matematika. Namun kenyataannya kemampuan berpikir matematis dan self-efficacy masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui&#xD; peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model &#xD; pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh &#xD; pembelajaran konvensional dengan; (2) mengetahui self-efficacy siswa yang &#xD; memperoleh model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada siswa &#xD; yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) mengetahui efektivitas model &#xD; pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis matematis &#xD; siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desainnya adalah &#xD; Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP &#xD; Pasundan 4 Bandung tahun ajaran 2018/2019. Adapun sampelnya adalah siswa &#xD; kelas VIII D dan VIII E yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen &#xD; penelitian yang digunakan berupa tes uraian kemampuan berpikir kritis matematis&#xD; dan skala self-efficacy dengan menggunakan skala Likert. Tes dan skala self-efficacy terlebih dahulu diuji cobakan dan diperoleh instrumen yang layak &#xD; digunakan untuk penelitian. Dari hasil analisis penelitian, diperoleh: 1) &#xD; Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model &#xD; pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh &#xD; pembelajaran konvensional. 2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model &#xD; pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada siswa yang memperoleh &#xD; pembelajaran konvensional. 3) Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing &#xD; terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa tergolong dalam klasifikasi &#xD; kuat.&#xD; Kata kunci : Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, &#xD; Self-Efficacy.</description><date>2018-10-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37165/1/1.%20cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37165/2/6.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37165/2/7.%20ABSTRACT2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37165/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37165/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37165/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37165/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37165/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37165/7/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> NURSILVIANI ULFATUSHIYAM, 145050040 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><relation>http://fkip.unpas.ac.id/</relation><recordID>37165</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NURSILVIANI ULFATUSHIYAM, 145050040
title PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING
publishDate 2018
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/37165/1/1.%20cover.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37165/2/6.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37165/2/7.%20ABSTRACT2.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37165/3/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37165/4/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37165/4/BAB%20III.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37165/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37165/6/BAB%20V.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37165/7/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37165/
http://fkip.unpas.ac.id/
contents Pembelajaran matematika menuntut siswa memiliki berbagai macam kemampuan matematis diantaranya adalah kemampuan berpikir kritis matematis. Kemampuan berpikir kritis matematis dan self-efficacy sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika. Namun kenyataannya kemampuan berpikir matematis dan self-efficacy masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dengan; (2) mengetahui self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desainnya adalah Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Pasundan 4 Bandung tahun ajaran 2018/2019. Adapun sampelnya adalah siswa kelas VIII D dan VIII E yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes uraian kemampuan berpikir kritis matematis dan skala self-efficacy dengan menggunakan skala Likert. Tes dan skala self-efficacy terlebih dahulu diuji cobakan dan diperoleh instrumen yang layak digunakan untuk penelitian. Dari hasil analisis penelitian, diperoleh: 1) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 3) Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa tergolong dalam klasifikasi kuat. Kata kunci : Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self-Efficacy.
id IOS3183.37165
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2019-05-05T17:21:28Z
last_indexed 2019-05-05T17:21:28Z
recordtype dc
_version_ 1766045064832745472
score 17.538404