PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Siswa Kelas IV B Semester 1 SDN 043 Cimuncang Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)
ctrlnum |
37151 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/37151/</relation><title>PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK 
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA 
KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU
(Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran Tema 1 Indahnya Kebersamaan
Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Siswa Kelas IV B Semester 1 SDN
043 Cimuncang Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)</title><creator>Anna Rosita, 145060228</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian tidakan kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil 
belajar siswa melalui model problem based learning pada subtema keberagaman budaya 
bangsaku. Penulis melakukan tindakan kelas di kelas IV B SDN 043 Cimuncang 
Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan 
keadaan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, kurangnya pemahaman siswa 
pada saat pembelajaran, siswa kurang memiliki sikap peduli terhadap belajar dalam 
pembelajaran dan hasil belajar yang rendah. Terkait dengan proses pembelajaran, 
metode ceramah mendominasi aktifitas belajar yang dilakukan maka penyampaian
materi pembelajaran kurang maksimal sehingga kegiatan proses pembelajaran masih 
belum terlaksana dengan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian 
Tindakan Kelas dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, 
pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus 
setiap siklus terdiri dari 2 pembelajaran. Dalam penelitian ini intrumen yang digunakan 
peneliti adalah lembar tes, lembar observasi rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar 
pelaksanaan pembelajaran. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan 
menerapkan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal 
tersebut dapat dilihat dari pertama, adanya peningkatan penyusunan rencana 
pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai nilai 2.8 atau 70%, siklus II mencapai 
nilai 3.45 atau 86.25%, siklus III mencapai nilai 3.7 atau 92.5%). Kedua, adanya 
peningkatan pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai nilai 2.82 atau 70.5%, siklus 
II mencapai nilai 3.48 atau 87%, siklus III mencapai nilai 3.87 atau 96.75%). Ketiga, 
adanya peningkatan hasil belajar (siklus I mencapai 38%, siklus II mencapai 70.5%, dan 
siklus III mencapai 85,3%). Keempat, adanya peningkatan sikap peduli siswa (siklus I
42.64%, siklus II 63.24% dan siklus III 80%). Kesimpulan yang diperoleh dari 
penelitian ini bahwa penerapan model problem based learning pada tema Indahnya 
Kebersamaan subtema Keberagaman Budaya Bangsaku dapat meningkatkan sikap 
peduli dan hasil belajar siswa di kelas IV B SDN 043 Cimuncang Kota Bandung. 
Kata Kunci: Problem Based Learning, dan Hasil Belajar Siswa.</description><date>2018-10-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37151/7/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37151/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37151/1/ABSTRAK%20BAHASA%20SUNDA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37151/3/ABTRAK%20BAHASA%20INGGRIS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37151/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37151/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37151/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37151/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37151/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37151/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Anna Rosita, 145060228 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Siswa Kelas IV B Semester 1 SDN 043 Cimuncang Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><relation>http://fkip.unpas.ac.id/</relation><recordID>37151</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Anna Rosita, 145060228 |
title |
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA
KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU
(Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran Tema 1 Indahnya Kebersamaan
Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Siswa Kelas IV B Semester 1 SDN
043 Cimuncang Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019) |
publishDate |
2018 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/37151/7/COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/37151/2/ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/37151/1/ABSTRAK%20BAHASA%20SUNDA.pdf http://repository.unpas.ac.id/37151/3/ABTRAK%20BAHASA%20INGGRIS.pdf http://repository.unpas.ac.id/37151/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/37151/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/37151/5/BAB%20III.pdf http://repository.unpas.ac.id/37151/6/BAB%20IV.pdf http://repository.unpas.ac.id/37151/6/BAB%20V.pdf http://repository.unpas.ac.id/37151/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/37151/ http://fkip.unpas.ac.id/ |
contents |
Penelitian tidakan kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil
belajar siswa melalui model problem based learning pada subtema keberagaman budaya
bangsaku. Penulis melakukan tindakan kelas di kelas IV B SDN 043 Cimuncang
Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan
keadaan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, kurangnya pemahaman siswa
pada saat pembelajaran, siswa kurang memiliki sikap peduli terhadap belajar dalam
pembelajaran dan hasil belajar yang rendah. Terkait dengan proses pembelajaran,
metode ceramah mendominasi aktifitas belajar yang dilakukan maka penyampaian
materi pembelajaran kurang maksimal sehingga kegiatan proses pembelajaran masih
belum terlaksana dengan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian
Tindakan Kelas dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus
setiap siklus terdiri dari 2 pembelajaran. Dalam penelitian ini intrumen yang digunakan
peneliti adalah lembar tes, lembar observasi rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar
pelaksanaan pembelajaran. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan
menerapkan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal
tersebut dapat dilihat dari pertama, adanya peningkatan penyusunan rencana
pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai nilai 2.8 atau 70%, siklus II mencapai
nilai 3.45 atau 86.25%, siklus III mencapai nilai 3.7 atau 92.5%). Kedua, adanya
peningkatan pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai nilai 2.82 atau 70.5%, siklus
II mencapai nilai 3.48 atau 87%, siklus III mencapai nilai 3.87 atau 96.75%). Ketiga,
adanya peningkatan hasil belajar (siklus I mencapai 38%, siklus II mencapai 70.5%, dan
siklus III mencapai 85,3%). Keempat, adanya peningkatan sikap peduli siswa (siklus I
42.64%, siklus II 63.24% dan siklus III 80%). Kesimpulan yang diperoleh dari
penelitian ini bahwa penerapan model problem based learning pada tema Indahnya
Kebersamaan subtema Keberagaman Budaya Bangsaku dapat meningkatkan sikap
peduli dan hasil belajar siswa di kelas IV B SDN 043 Cimuncang Kota Bandung.
Kata Kunci: Problem Based Learning, dan Hasil Belajar Siswa. |
id |
IOS3183.37151 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2019-05-05T17:21:28Z |
last_indexed |
2019-05-05T17:21:28Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766045064794996736 |
score |
17.538404 |