PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Siswa Kelas IV B Semester 1 SDN 043 Cimuncang Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)

Main Author: Anna Rosita, 145060228
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/37151/7/COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37151/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37151/1/ABSTRAK%20BAHASA%20SUNDA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37151/3/ABTRAK%20BAHASA%20INGGRIS.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37151/4/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37151/5/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37151/5/BAB%20III.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37151/6/BAB%20IV.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37151/6/BAB%20V.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37151/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37151/
http://fkip.unpas.ac.id/
ctrlnum 37151
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/37151/</relation><title>PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK &#xD; MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA &#xD; KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU&#xD; (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran Tema 1 Indahnya Kebersamaan&#xD; Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Siswa Kelas IV B Semester 1 SDN&#xD; 043 Cimuncang Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)</title><creator>Anna Rosita, 145060228</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian tidakan kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil &#xD; belajar siswa melalui model problem based learning pada subtema keberagaman budaya &#xD; bangsaku. Penulis melakukan tindakan kelas di kelas IV B SDN 043 Cimuncang &#xD; Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan &#xD; keadaan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, kurangnya pemahaman siswa &#xD; pada saat pembelajaran, siswa kurang memiliki sikap peduli terhadap belajar dalam &#xD; pembelajaran dan hasil belajar yang rendah. Terkait dengan proses pembelajaran, &#xD; metode ceramah mendominasi aktifitas belajar yang dilakukan maka penyampaian&#xD; materi pembelajaran kurang maksimal sehingga kegiatan proses pembelajaran masih &#xD; belum terlaksana dengan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian &#xD; Tindakan Kelas dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, &#xD; pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus &#xD; setiap siklus terdiri dari 2 pembelajaran. Dalam penelitian ini intrumen yang digunakan &#xD; peneliti adalah lembar tes, lembar observasi rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar &#xD; pelaksanaan pembelajaran. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan &#xD; menerapkan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal &#xD; tersebut dapat dilihat dari pertama, adanya peningkatan penyusunan rencana &#xD; pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai nilai 2.8 atau 70%, siklus II mencapai &#xD; nilai 3.45 atau 86.25%, siklus III mencapai nilai 3.7 atau 92.5%). Kedua, adanya &#xD; peningkatan pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai nilai 2.82 atau 70.5%, siklus &#xD; II mencapai nilai 3.48 atau 87%, siklus III mencapai nilai 3.87 atau 96.75%). Ketiga, &#xD; adanya peningkatan hasil belajar (siklus I mencapai 38%, siklus II mencapai 70.5%, dan &#xD; siklus III mencapai 85,3%). Keempat, adanya peningkatan sikap peduli siswa (siklus I&#xD; 42.64%, siklus II 63.24% dan siklus III 80%). Kesimpulan yang diperoleh dari &#xD; penelitian ini bahwa penerapan model problem based learning pada tema Indahnya &#xD; Kebersamaan subtema Keberagaman Budaya Bangsaku dapat meningkatkan sikap &#xD; peduli dan hasil belajar siswa di kelas IV B SDN 043 Cimuncang Kota Bandung. &#xD; Kata Kunci: Problem Based Learning, dan Hasil Belajar Siswa.</description><date>2018-10-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37151/7/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37151/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37151/1/ABSTRAK%20BAHASA%20SUNDA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37151/3/ABTRAK%20BAHASA%20INGGRIS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37151/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37151/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37151/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37151/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37151/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/37151/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Anna Rosita, 145060228 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Siswa Kelas IV B Semester 1 SDN 043 Cimuncang Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><relation>http://fkip.unpas.ac.id/</relation><recordID>37151</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Anna Rosita, 145060228
title PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Siswa Kelas IV B Semester 1 SDN 043 Cimuncang Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)
publishDate 2018
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/37151/7/COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37151/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37151/1/ABSTRAK%20BAHASA%20SUNDA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37151/3/ABTRAK%20BAHASA%20INGGRIS.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37151/4/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37151/5/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37151/5/BAB%20III.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37151/6/BAB%20IV.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37151/6/BAB%20V.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37151/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/37151/
http://fkip.unpas.ac.id/
contents Penelitian tidakan kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model problem based learning pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Penulis melakukan tindakan kelas di kelas IV B SDN 043 Cimuncang Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, kurangnya pemahaman siswa pada saat pembelajaran, siswa kurang memiliki sikap peduli terhadap belajar dalam pembelajaran dan hasil belajar yang rendah. Terkait dengan proses pembelajaran, metode ceramah mendominasi aktifitas belajar yang dilakukan maka penyampaian materi pembelajaran kurang maksimal sehingga kegiatan proses pembelajaran masih belum terlaksana dengan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pembelajaran. Dalam penelitian ini intrumen yang digunakan peneliti adalah lembar tes, lembar observasi rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar pelaksanaan pembelajaran. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari pertama, adanya peningkatan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai nilai 2.8 atau 70%, siklus II mencapai nilai 3.45 atau 86.25%, siklus III mencapai nilai 3.7 atau 92.5%). Kedua, adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai nilai 2.82 atau 70.5%, siklus II mencapai nilai 3.48 atau 87%, siklus III mencapai nilai 3.87 atau 96.75%). Ketiga, adanya peningkatan hasil belajar (siklus I mencapai 38%, siklus II mencapai 70.5%, dan siklus III mencapai 85,3%). Keempat, adanya peningkatan sikap peduli siswa (siklus I 42.64%, siklus II 63.24% dan siklus III 80%). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model problem based learning pada tema Indahnya Kebersamaan subtema Keberagaman Budaya Bangsaku dapat meningkatkan sikap peduli dan hasil belajar siswa di kelas IV B SDN 043 Cimuncang Kota Bandung. Kata Kunci: Problem Based Learning, dan Hasil Belajar Siswa.
id IOS3183.37151
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2019-05-05T17:21:28Z
last_indexed 2019-05-05T17:21:28Z
recordtype dc
_version_ 1766045064794996736
score 17.538404