PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis, peningkatan kemampuan komunikasi matematis. Perbedaan pencapaian Self-Efficacy siswa, peningkatan Self-Efficacy siswa, dan korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan Self-Efficacy siswa SMP yang mendapatkan pembelajaran matematika model pembelajaran Problem posing dan ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan pengambilan sampel secara acak menurut kelas. Kelas eksprerimen mendapatkan pembelajaran Problem Posing sedangkan kelas kontrol mendapatkan pembelajaran ekspositori. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMP PGII 2 Kota Bandung dengan sampelnya diambil dua kelas VIII yang dipilih secara langsu. Hasil penelitian menunjuakn bahwa terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa SMP yang memperoleh pembelajaran Problem Posing dan ekspositori serta terdapat Perbedaan pencapaian Self-Efficacy siswa dan peningkatan Self-Efficacy siswa, dan korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan Self-Efficacy siswa SMP yang mendapatkan pembelajaran matematika model pembelajaran Problem posing dan ekspositori. Model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self-efficacy siswa SMP. Kata Kunci: Kemampuan komunikasi Matematis, Self-efficacy, Model Pembelajaran Problem Posing.