PENDEKATAN PEMBELAJARAN THE BIG 6 BERORIENTASI TEKNOLOGI WEB UNTUK MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang keterampilan abad 21 serta perkembangan teknologi. Namun pendekatan pembelajaran dan pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) sebagai langkah untuk meningkatkan kemampuan literasi informasi siswa yang merupakan salah satu keterampilan abad 21 untuk meningkatkan hasil belajar siswa belum diterapkan sepenuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan pembelajaran The Big 6 berorientasi web pada konsep transport membran di SMAN 17 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental. Data hasil penelitian diperoleh dengan pretest dan posttest serta angket tertutup. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes objektif pilihan ganda sebanyak 10 soal. Data hasil penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan software IBM SPSS 20.0 for windows melalui uji normalitas dengan uji statistik Shapiro-Wilk selanjutanya dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan one sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data hipotesis dari posttest menggunakan one sample t-test diperoleh nilai 0,000 atau nilai signifikansi <0,05, yang berarti hipotesis (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan pembelajaran The Big 6 berorientasi web. Kemampuan literasi informasi siswa yang dianalisis dari hasil pretetst serta angket men galami peningkatan. Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran The Big 6 berorientasi web pada konsep transport membran dapat meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Literasi Informasi, Teknologi, The Big 6, Hasil Belajar