PENGARUH PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU TERHADAP PEMAHAMAN MATERI AKUNTANSI SISWA DI SMAN 9 BANDUNG (Studi Kasus Siswa Kelas XI IPS 4 Pokok Bahasan Kertas Kerja Tahun Ajaran 2017/2018)
Daftar Isi:
- Judul pada penelitian ini yaitu Pengaruh Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Terhadap Pemahaman Materi Akuntansi di SMA Negeri 9 Bandung (studi kasus siswa kelas XI IPS 4 subpokok bahasan kertas kerja tahun ajaran 2017/2018). Tujuan pada penelitian ini ialah: (1) mengetahui PCK guru akuntansi siswa di SMA Negeri 9 Bandung. (2) mengetahui pemahaman materi akuntansi siswa di SMA Negeri 9 Bandung. (3) Berapa besar pengaruh PCK guru terhadap pemahaman materi akuntansi siswa di SMA Negeri 9 Bandung. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif, dengan metode survei dan teknik pengumpulan data berupa angket, serta teknik pengolahan data yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi. Hipotesis penelitian berbunyi “Terdapat pengaruh PCK guru (X) terhadap pemahaman materi akuntansi siswa di SMA Negeri 9 Bandung (Y)”. Hasil penelitian ini ialah terdapat pengaruh cukup kuat antara variabel X dan variabel Y yaitu sebesar 0,439 atau 43,9%. Untuk mengetahui hubungan fungsional antara variabel X dan variabel Y maka digunakan analisis regresi linier sederhana dengan hasil perhitungan sebagai berikut: Y = 11,049 + 0,738X artinya bahwa setiap PCK guru bertambah 11,049 maka pemahaman materi siswa meningkat sebesar 0,738. Koefisien determinasi di gunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y dengan hasil perhitungan sebesar 43,9%, maka sebagian lainnya ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti yaitu sebesar 56,1%. Kesimpulan hipotesis penelitian ialah dapat diterima, artinya terdapat pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Kata Kunci : PCK Guru, Pemahaman Materi Siswa