PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP VIRUS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada konsep virus. Metode dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang diambil adalah seluruh seluruh siswa kelas X SMA Pasundan 1 Bandung dengan sample sebanyak satu kelas yaitu kelas X MIPA-3. Pengambilan sample ditentukan melalui metode sample random sampling yaitu seluruh populasi diangap sama rata dalam hasil belajarnya kemudian diambil sample dengan cara diacak. Penelitian ini menggunakan test dan non test, test berupa soal uraian untuk menjaring kemampuan berpikir kritis siswa melaui pretest dan posttest, sedangkan non test dilakukan dengan lembar observasi keterlaksanaan sintaks PBL kegiatan guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan hasil yang signifikan pada berpikir kritis siswa setelah diberikan perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Konsep Virus